BEI: Emiten pailit bisa terancam delisting

in Berita Saham by

(28/04/2017). JAKARTA. Perusahaan bisa saja berkinerja kurang baik. Bahkan, bisa saja status suatu perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) justru mengalami pailit. Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Samsul Hidayat menilai, emiten yang mengalami pailit bisa mendapatkan konsekuensi delisting.

Terkait nasib dan perlindungan investor yang perusahaannya terancam delisting, kata Samsul, akan ada prosedur khusus. “Beli saham kan bentuknya investasi, selanjutnya akan mengikuti semua ketentuan hukum terkait dengan kepailitan,” katanya, Kamis (27/4).BEI: Emiten pailit bisa terancam delisting

Sementara, Direktur Utama BEI Tito Sulistio menyatakan, emiten yang pailit akan menjalani proses tertentu. Pasalnya, kondisi pailit bukanlah kondisi yang mendadak. “Misal dari mulai revenue tidak ada saja, kami sudah suspensi dan umumkan. Atau auditor menulis tentang keraguan akan going concernessbiasanya udah kami suspensi,” katanya, Kamis (27/4).

Dia menambahkan, pada dasarnya bursa efek akan mengamati berita emiten-emiten sekecil apa pun. Bila ada kejadian yang sekecil apapun, akan mendapat perhatian pihaknya. “Semua untuk minority protections,” imbuhnya.

Misalnya saja, Tito mencontohkan, berita seperti ketiadaan revenue atau proses pengadilan yang bisa membahayakan emiten, itu semua menjadi pertimbangan bursa. “Prinsipnya sesuatu yang bisa mempengaruhi harga saham, dalam 2 x 24 jam harus dilaporkan. Itu aturannya,” pungkas Tito.

Sebelumnya, perusahaan transportasi, PT Citra Maharlika Nusantara Corpora Tbk (CPGT) diputuskan pailit. Status pailit tersebut lantaran hasil voting kreditur menunjukkan penolakan terhadap proposal perdamaian CPGT.

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/bei-emiten-pailit-bisa-terancam-delisting

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Latest from Berita Saham

Go to Top