Hope for The Best, Plan for The Worst

in Komik Investasi by

Bagaimana proteksi Anda jika terjadi hal diluar perkiraan Anda? Terjadi fluktuasi atau keterpurukan pasar? Apa skenario terburuk Anda?

Kita perlu bersiap untuk situasi terburuk. Mempersiapkan diri untuk situasi terburuk akan memproteksi modal investasi Anda.

Berikut 3 kondisi bursa pada umumnya :

Kondisi pertama adalah bursa uptrend – bursa memiliki kecenderungan bergerak naik. Fluktuasi pasar harian adalah hal yang wajar, namun tetap perlu dicermati. Jika bursa saham memiliki kecenderungan untuk tetap dalam posisi penguatannya, maka kami akan menyatakan bursa dalam keadaan uptrend.

Saat bursa seperti ini adalah saat yang tepat mengambil posisi membeli saham atau mengakumulasi pembelian saham yang telah dilakukan sebelumnya.

Kondisi kedua adalah bursa uptrend under pressure – bursa sedang dalam posisi uptrend, namun sedang mengalami tekanan jual. Saat ini adalah saat dimana Anda perlu ekstra hati-hati dalam mengambil posisi beli atau perlu lebih awas dalam memonitor saham yang telah Anda beli.

Dalam kondisi ini Anda sudah kami berikan lampu kuning untuk mempersiapkan diri jika secara tiba-tiba bursa mengalami pembalikan kecenderungan. Dari penguatan menjadi pelemahan. Untuk Anda ketahui, dari pengalaman kami berada di dalam bursa saham, belum ada kondisi dimana bursa mengalami keterpurukan sebelum mengalami fase tekanan bursa ini. Namun perlu juga Anda ketahui, tidak semua tekanan bursa mengakibatkan trend menurunnya bursa. Ya… tidak ada yang pasti di bursa saham.

Indikator yang kami publikasikan di tabel Market Directions dapat dijadikan patokan untuk mengambil keputusan dengan hati-hati dan bersiap untuk segala kemungkinan yang terjadi.

Kondisi ketiga adalah kondisi dimana bursa mengalami kecenderungan penurunannya – bursa downtrend. Saat bursa seperti ini adalah bukan saat yang tepat membeli saham. Aturan kami dalam posisi bursa seperti ini adalah “Cash is the King”. Lebih baik meningkatkan nilai cash investasi Anda sampai saat bursa menunjukkan tanda-tanda kenaikannya kembali.

Banyak investor mengatakan bahwa saat bursa mengalami penurunan adalah saat yang tepat untuk membeli saham sebanyak-banyaknya, sehingga jika nantinya bursa mengalami kenaikan kembali Anda akan untung besar. Masalah utamanya adalah sampai kapan bursa akan mengalami penurunan dan sampai kapan saham yang Anda beli terus menurun harganya.

Intigadget WA : 08116062089 E-Mail : intigadget@gmail.com Line : @intigadget

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*