OJK Siap Copot Capping Deposito Jika Tax Amnesty Berhasil

in Uncategorized by

 

Jakarta, CNN Indonesia — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersedia menghapus aturan batas (capping) bunga deposito yang saat ini berlaku bagi bank BUKU III dan IV.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Nelson Tampubolon mengatakan kemungkinan tersebut terbuka lebar jika program pengampunan pajak yang dilakukan pemerintah berhasil.

“Kalau tax amnesty ini sukses dan benar likuiditas bank melimpah serta tidak ada lagi potensi perang suku bunga untuk mengambil likuiditas, kemungkinan untuk melepas capping itu tetap terbuka,” kata Nelson, Kamis (22/9).

Pasalnya, tax amnesty diharapkan mampu menambah Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan yang ditunjuk sebagai bank penampung (gateway) dana repatriasi maupun uang tebusan tax amnesty.

Namun faktanya, saat ini dana-dana tax amnesty belum diterima secara merata oleh perbankan.

Menurut Nelson, dana tax amnesty saat ini mayoritas masih dinikmati oleh bank-bank pelat merah plus satu bank swasta yakni PT Bank Central Asia (BCA) Tbk.

“Sekarang ini justru walaupun sudah kelihatan besar tax amnesty belum merata di bank-bank. Coba lihat datanya itu kan paling banyak di BCA, BRI, Mandiri dan BNI,” katanya.

OJK Siap Copot Capping Deposito Jika Tax Amnesty Berhasil
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan kemungkinan tersebut terbuka lebar jika program pengampunan pajak yang dilakukan pemerintah berhasil. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jika nantinya dana tax amnesty bisa mengalir rata ke bank-bank gateway lainnya, ia yakin likuiditas perbankan secara umum akan membaik. Dengan begitu tidak akan ada lagi bank yang menawarkan bunga deposito tinggi untuk menarik nasabah.

Nelson memprediksi dana tax amnesty juga mampu mendongkrak volume kredit yang disalurkan oleh perbankan. Tahun ini OJK memproyeksi pertumbuhan kredit bisa mencapai 10-12 persen. Proyeksi ini lebih tinggi jika dibandingkan proyeksi Bank Indonesia yang mencapai 7-9 persen.

“Kalaupun double digit mungkin di level 10 persen. Tapi tahun depan akan lebih bagus 12-14 persen,” jelas Nelson. (gir)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Latest from Uncategorized

Go to Top