Pan Brothers Bangun 2 Pabrik Baru Tahun Ini Senilai Rp 390 Miliar

in Berita Saham by

Jakarta, PT Pan Brothers Tbk (PBRX) tahun ini akan membangun dua pabrik baru melalui anak usahanya PT Eco Smart Garment Indonesia. Pembangunan dua pabrik tersebut akan dimulai pada semester II tahun ini.

Wakil Direktur Utama Pan Brothers Anne Patricia Sutanto mengatakan pihaknya tahun ini menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar US$ 37 juta. Sekitar US$ 30 juta atau sekitar Rp 390 miliar (kurs Rp 13.000) akan digunakan untuk pembangunan 2 pabrik tersebut, sisanya untukmaintenance pabrik yang ada saat ini.Pan Brothers Bangun 2 Pabrik Baru Tahun Ini Senilai Rp 390 Miliar

Maintenance itu untuk pengembangan pabrik yang ada. Kita saat ini ada 23 pabrik 23 pabrik kurang lebih di 8 lokasi,” tuturnya di Graha CIMB, Jakarta, Senin (22/5/2017).

Anne menambahkan, sumber pendanaan capex akan diambil dari laba yang ditahan sebesar US$ 7 juta, sedangkan sisanya berasal dari global bondsyang diterbitkan perseroan pada Januari 2017 sebesar US$ 200 juta.

Kedua pabrik tersebut ditargetkan bisa beroperasi pada semester II 2018. Kedua pabrik tersebut memiliki kapasitas 21 juta pcs garment.

“Saat ini total kapasitas pabrik kita mencapai 90 juta pcs per tahun. Jika dua pabrik itu beroperasi kapasitas produksi kita meningkat 111 juta pcs per tahun,” imbuhnya.

Kedua pabrik tersebut juga diperkirakan bisa menyerap tenaga kerja hingga 12 ribu pekerja. Adapun jumlah tenaga kerja Pan Brothers dari 23 pabrik yang ada mencapai 35 ribu pekerja.

Sayangnya Anne masih merahasiakan lokasi dari kedua pabrik baru tersebut. Namun dia memberi kisi-kisi kedua pabrik itu akan berada sekitar Jawa Tengah atau Jawa Barat, tergantung ketersediaan tenaga kerja.

“Lokasi bisa di Jawa Tengah bisa di Jawa Barat, yang penting man power-nya tinggi,” tuturnya.

Bagikan Dividen Rp 2 per Saham

Pada hari ini, perusahaan juga mengumumkan pembagian dividen sebesar Rp 2 per saham atau Rp 11 miliar secara total. Keputusan tersebut juga telah disetujui para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

“Dividen nilainya Rp 2, secara total Rp 11 miliaran. Kurang lebih dari laba bersih sekitar 7-8%,” kata Anne.

Untuk jadwal pembagian saham, perseroan akan mengambil data pemegang saham yang berhak menerima dividen pada 5 Juni 2017 (recording date).

“Untuk sampai ke pemegang saham kita sesuai aturan yang berlaku saja,” tuturnya.

Pada 2016, PBRX mengantongi laba bersih sebesar US$ 14,58 juta dan penjualan sebesar US$ 482,2 juta. Tahun ini pihaknya menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 15%.

“Untuk bottom line targetnya kurang lebih sama dengan tahun lalu sekitar 2%,” imbuhnya.

Pada kuartal I-2017 kinerja PBRX mengalami perlambatan. Tercatat laba bersih perseroan turun dibanding kuartal I-2016 sebesar US$ 3,72 juta menjadi US$ 2,18 juta.

Menurut Anne kuartal I memang merupakan siklus penjualan yang rendah bagi perseroan. Adapun puncak penjualan terjadi pada kuartal II dan III.

“Kuartal I memang paling rendah walaupun sizenya naik 10%. Tapi memang yang paling tinggi di kuartal II dan III itu. Kuartal III bisa cover target kita itu,” tukasnya. (dna/dna)

Sumber : https://finance.detik.com/bursa-dan-valas/d-3508415/pan-brothers-bangun-2-pabrik-baru-tahun-ini-senilai-rp-390-miliar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Latest from Berita Saham

Go to Top