Tambah 200 Gerai, Mitra Adiperkasa Siapkan Rp750 Milia

in Berita Saham by

Jakarta, CNN Indonesia — PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) akan menambah sekitar 200 gerai baru sepanjang tahun ini dengan total luas 70 ribu meter persegi. Untuk itu, perseroan pada tahun ini akan mengalokasikan belanja modal sebesar Rp750 miliar.

Head of Corporate Communication Fetty Kwartati menjelaskan, tambahan gerai tersebut terdiri dari department store seluas 20 ribu meter persegi, specialty store seluas 40 ribu meter persegi, serta gerai makanan dan minuman (food and beverage) seluas 10 ribu meter persegi.

“Dananya cukup dari kas internal, karena target perusahaan kan untuk menjaga gearing ratio. Jadi sebisa mungkin dana dari internal, kalau butuh pinjaman itu jumlahnya pasti tidak banyak,” ungkap Fetty, Selasa (23/5).

Rencananya, setengah dari target pembukaan gerai atau seluas 35 ribu meter persegi akan dibuka di DKI Jakarta. Sementara, sisanya akan dikembangkan di luar Jakarta, baik di luar kota maupun di Vietnam.

“Luar Jakarta seperti, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, sama Vietnam,” imbuh Fetty.

Disisi lain, perusahaan juga tengah mengkaji kinerja keuangan dari beberapa departmenTambah 200 Gerai, Mitra Adiperkasa Siapkan Rp750 Miliart store yang dimilikinya. Pengkajian itu dilakukan pada lima department store nya, yakni tiga gerai Lotus dan dua gerai Debenhams. Jika dinilai tak menguntungkan, pihaknya pun akan melakukan penutupan pada gerai-gerai tersebut.

Sepanjang tahun lalu, perusahaan telah menutup tiga department store, yang terdiri dari dua gerai Lotus dan satu gerai Debenhams. Namun, Fetty menyatakan, pihaknya masih belum memutuskan untuk menutup lima department store yang saat ini tengah dievaluasi tersebut.

“Kami sedang kaji secara komprehensif, konsultan masih kerja,” ucap dia.

Bagi Dividen 20 Persen Disisi lain, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Mitra Adiperkasa Tbk menyetujui pemberian keuntungan (dividen) untuk tahun buku 2016 sebesar Rp41,6 miliar atau 20 persen dari total laba bersih Rp208 miliar. Angka itu setara dengan Rp25 per saham.

Recording date 6 Juni, pembayaran dividen 23 Juni,” terang Fetty.

Fetty memaparkan, sisa dari laba bersih setelah dikurangi dividen akan dijadikan laba ditahan dan pengembangan usaha, seperti penambahan toko tahun ini. (agi/agi)

Sumber : http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20170523193319-92-216818/tambah-200-gerai-mitra-adiperkasa-siapkan-rp750-miliar/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Latest from Berita Saham

Go to Top