Telkom Lanjutkan Modernisasi Jaringan Pakai Serat Optik

in Uncategorized by

Jakarta, CNN Indonesia — Telkom kembali melanjutkan inisiasi modernisasi jaringan dengan mematikan 30 Sentral Telepon Otomat (STO) selama bulan September dan menggantinya dengan fiber optik.

Masyarakat di lima regional diharapkan bisa merasakan pengalaman baru menikmati layanan telepon rumah, televisi berbayar, sekaligus internet melalui modernisasi ini.

“Modernisasi STO ini merupakan bukti komitmen Telkom untuk membangun infrastruktur broadband di seluruh Indonesia dan mempercepat terbentuknya masyarakat digital,” kata Direktur Network & IT Solution Telkom, Abdus Somad Arief dalam keterangan resmi, Rabu (21/9).

Proses modernisasi yang dilakukan selama bulan September dilakukan di lima STO di regional 1 Sumatera, 12 STO di area 2 Jabodetabek, 3 STO di regional 3 Jawa Barat, 1 STO di wilayah regional 4 Jawa Tengah, 7 STO di area regional 5 Jatim, Bali, dan NUsa Tenggara, serta dan 2 STO di wilayah Regional 6 Kalimantan.

Jumlah ini menjadikan proses modernisasi jaringan yang paling banyak dilakukan Telkom sepanjang tahun 2016.

Selama ini Sentra Telepon Otomat (STO) menggunakan perangkat penyambungan telepon yang dipakai di satu lokasi tertentu. Perangkat ini akan mengatur panggilan masuk dan meneruskannya ke nomor tujuan.

Secara umum, perangkat STO terhubung ke penyedia layanan telekomunikasi publik. Parameter STO dalam kapasitas jumlah line yang tersambung ke STO menggunakan parameter berupa kapasitas ekstensi.

Penggunaan STO rentan mengalami kerusakan terutama saat adanya perubahan cuaca ekstrim. Proses modernisasi jaringan yang dilakukan menyederhanakan penggunaan alat pendukung dengan dukungan teknologi yang lebih baik.

Hingga saat ini, Telkom telah selesai melakukan modernisasi untuk 133 STO dengan fiber optik dengan Overlay Multi Dwelling Unit (MDU) dan 1.117 lainnya menggunakan Fiber-to-the-home (FTTH).

Mengingat semakin tingginya kebutuhkan komunikasi bandwith besar, operator BUMN ini menargetkan proses modernisasi STO rampung pada tahun 2021. (evn)

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Latest from Uncategorized

Go to Top